Puluhan anak-anak antusias ikuti sunatan massal di Desa Morodadi

Pemdes Morodadi, Puskesmas Morododadi dan Pihak Rumah Sakit Soekarno menggelar sunatan massal gratis. kegiatan yang diadakan bertempat di Kantor Desa Morodadi pada Sabut (20/5/2023).

“Tahun ini kita mengkhitankan 80 anak, kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan kebutuhan masyarakat serta untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah di Kecamatan Morotai Selatan Khususnya Desa Morodadi, harapannya tercipta kerjasama yang sinergis antara pemerintah Desa dan masyarakat,”  kata Kepala Kepala Desa Morodadi “JOHAN MARDIONO”.

Sebelum kegiatan khitan massal tersebut digelar sunatan masal, kegiatan yang di biayai dari DD Desa Morodadi terlebih dahulu di sosialisasikan  kepada masyarakat melalui media sosial, Kecamatan hingga desa.

“Setelah kita sosialisasikan, terkumpul 80 anak yang siap di khitan, Setiap anak yang dikhitan mendapatkan bingkisan berupa buket dan Uang Rp. 20.000 dan snack,” lanjutnya.

Kepala Desa Morodadi saat membuka sunatan massal mengatakan, khitanan massal merupakan wujud kepedulian pemerintah Desa kepada warga yang membutuhkan.

Kepala Desa Juga menambahkan, khitan merupakan salah satu bagian dari syariat agama Islam yang wajib dilaksanakan bagi kaum laki-laki Muslim.

Dalam hal ini, fungsi khitan dari sisi agama adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Semoga setelah di khitan nanti anak-anak semakin sehat dan saleh. Khitan itu penting bagi kesehatan karena membuang bagian tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan,” katanya.

Sander A.R. Otje, Warga Desa Morodadi, salah satu orang tua peserta sunatan massal memberi apresiasi kepada pemerintah Desa Morodadi, Puskesmas dan Rumaha Sakit Soekarno yang telah memberikan fasilitas sunatan massal gratis.

“Saya sangat berterimakasih atas adanya program pelayanan sunat massal ini, anak saya bisa disunat secara gratis,” kata Sander A.R. Otje